0341 – 492 463 [email protected]

Kegiatan Khusus

STT SATYABHAKTI MALANG

kegiatan khusus stt satyabhakti malang

Perayaan Natal

Setiap akhir tahun keluarga besar STT SATI (dosen, staff, dan mahasiswa) merayakan hari Natal bersama di kompleks SATI.

Perayaan ini bertujuan untuk memperingati kelahiran Tuhan Yesus yang membawa sukacita yang besar bagi keluarga besar STT SATI.

Acara dilayani oleh mahasiswa SATI sendiri yang selalu dikemas dengan meriah dan dengan nuansa kekeluargaan yang kental.

Acara Natal keluarga besar STT SATI selalu disertai dengan makan bersama dan tidak jarang diadakan tukar kado yang membuat suasana Natal menjadi semakin ceria, seperti ada dalam keluarga kita sendiri.

kegiatan khusus stt satyabhakti malang

Bakti Soial

Sejak tahun 2011, kegiatan Natal di STT SATI tidak hanya acara intern saja, namun SATI mulai bergerak untuk memberkati orang-orang yang ada di sekitar kampus ini. Momen Natal yang ada pun mulai dimanfaatkan untuk mengadakan Bakti Sosial. Beberapa bulan sebelum Desember tiba, mahasiswa sudah mulai mengumpulkan pakaian-pakaian bekas layak pakai dari lemari-lemari pribadi mereka. Tidak berhenti sampai di situ, mahasiswa mulai bergerak di kalangan jemaat dari tempat-tempat Pelayanan Akhir Pekan mereka untuk mengumpulkan pakaian dan barang bekas layak pakai. Tidak disangka beratus-ratus pakaian dan barang bekas yang masih sangat baik keadaanya dikirimkan oleh para jemaat Tuhan untuk mendukung program Bakti Sosial di SATI.

Pakaian dan barang bekas yang sudah terkumpul banyak ini dirapikan oleh mahasiswa SATI dan dipastikan pakaian dan barang-barang ini layak dijual. Tentu saja penjualan pakaian dan barang-barang bekas ini sama sekali tidak mahal. Kemeja dan kaos yang masih sangat bagus bisa dibeli hanya dengan 5.000-12.000. Kisaran harga yang diberikan sangat murah dan memadai, sehingga orang yang tidak mampu pun dapat membelinya. Selain itu, orang-orang yang tidak mampu juga mendapatkan sembako yang berisi beras, mie instan, dan kebutuhan pokok lainnya.

Sungguh suatu pemandangan yang luar biasa melihat orang-orang dari yang muda sampai yang sudah sangat tua tersenyum gembira setelah mendapatkan pakaian dan barang yang bagus dengan harga murah. Sungguh suatu momen yang tidak dapat tergantikan dengan apa pun saat melihat mereka bersukacita bersama dengan kita di bulan Natal. Demikianlah keluarga besar STT SATI telah membagikan berkat dan sukacita Natal kepada sesama yang membutuhkan.

kegiatan rutin stt satyabhakti malang

Hari Misi

Hari Misi atau Hari Misi Ekstern (Mission Day) adalah kegiatan yang setiap tahunnya dinanti-nantikan oleh banyak anak-anak muda di Jawa Timur. Mission Day diadakan pada semester genap (bulan Maret) dan mengundang ratusan bahkan ribuan anak-anak remaja dan pemuda se-Jawa Timur. Kegiatan ini diatur dan didesain oleh mahasiswa-mahasiswa SATI, mulai dari panitia inti, pelayan-pelayan altar, panitia lain yang membantu, dan susunan acara. Di sinilah mahasiswa SATI diberi kesempatan untuk menjadi berkat bagi anak-anak remaja dan pemuda se-Jawa Timur. Pembicara-pembicara dari dalam maupun luar negeri pun diundang untuk melayani di acara Mission Day ini.

Mission Day bertujuan untuk membawa anak-anak muda mengenal Tuhan lebih lagi di masa muda mereka. Tidak sebatas itu, Mission Day juga bertujuan untuk menjangkau anak-anak muda yang rindu menjadi hamba Tuhan atau yang terpanggil untuk melayani Tuhan secara full time. Tercatat ada beberapa mahasiswa SATI (sekarang alumni) yang mengambil keputusan untuk masuk SATI dan menjadi hamba Tuhan setelah mengikuti Hari Misi di SATI. Selain itu, acara Hari Misi juga memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin melayani Tuhan dengan dukungan dana. Dana-dana yang mereka berikan akan disalurkan untuk pelayanan mahasiswa-mahasiswa SATI selama Libur Antar Tahun Ajaran dimana mahasiswa-mahasiswa SATI akan dibentuk tim-tim pelayanan dan dipencar ke seluruh pelosok Indonesia, bahkan keluar Indonesia.

kegiatan rutin stt satyabhakti malang

SATI Cup

SATI Cup adalah perlombaan antar kelas yang diadakan setiap tahun pada semester ganjil.

Perlombaan yang dilakukan adalah perlombaan olahraga dengan cabang olahraga, antara lain sepak bola, bola voli, tenis meja, basket, dan bulu tangkis dengan kategori pria dan wanita.

Perlombaan ini dimaksudkan untuk melihat kekompakkan masing-masing kelas dalam bertanding serta sikap yang saling mendukung satu dengan yang lain. Kelas yang memenangkan SATI Cup akan mendapatkan piala bergilir SATI Cup.

kegiatan rutin stt satyabhakti malang

MAGENTA (Malam Gelar Talenta)

Magenta atau Malam Gelar Talenta adalah sarana untuk menyegarkan kembali pikiran yang mungkin mengalami kejenuhan setelah sekian lama belajar dan melakukan rutinitas pelayanan.

Malam Gelar Talenta menyediakan kesempatan bagi setiap mahasiswa, bahkan dosen untuk menunjukkan kemampuan serta bakatnya. Malam Gelar Talenta tidak bertujuan untuk menyombongkan talenta yang dimiliki, namun lebih kepada suatu ucapan syukur kepada Tuhan atas talenta dan bakat yang dimiliki oleh setiap mahasiswa STT SATI. Dengan demikian mahasiswa SATI akan lebih termotivasi mengembangkan bakat dan talentanya untuk melayani Tuhan dengan lebih maksimal.

kegiatan rutin stt satyabhakti malang

Permasti

PERMASTI adalah singkatan dari Persekutuan Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi. Pesta Permasti diadakan satu tahun sekali dan tempat penyelenggaraannya diatur bergantian. Awalnya anggota Permasti hanya sekolah-sekolah teologi dari Malang dan sekitarnya, namun tahun 2012 kemarin ada beberapa anggota tambahan yang bergabung, sehingga anggota Permasti ruang lingkupnya bukan hanya Malang dan sekitarnya, namun se-Jawa Timur.

Tahun 2012 kemarin STT SATI menjadi tuan rumah dalam Pesta Permasti. Ada kurang lebih 10 STT yang mengirimkan perwakilan mahasiswanya untuk menghadiri Pesta Permasti ini. Kegiatan yang dilakukan dalam Pesta Permasti di STT SATI adalah, sbb:

– Ibadah pembukaan
– Seminar (Pelayanan di Era Post-Modern)
– Makan Siang
– Outbound
– Malam Gelar Talenta
– Penutup

Ibadah Pembukaan menghadirkan pengkhotbah SATI yang luar biasa, yaitu Pdt. Ester Budijono, istri dari rektor STT SATI. Isi khotbah yang fresh dan cocok bagi mahasiswa yang kebanyakan masih berusia muda dikumandangkan dengan luar biasa oleh Pdt. Ester. Seminar dengan topik yang cukup menantang juga disajikan oleh Pdt. Gani Wiyono dengan memukau. Beliau dapat menjelaskan dengan menarik bagaimana pelayanan di era post-modern yang seharusnya. Tidak hanya menyajikan, namun beliau dapat menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh peserta Permasti. Ibadah penutup juga tak kalah menariknya. Pdt. Agustinus Dermawan dengan gaya khotbah yang penuh passion dapat mempengaruhi audience untuk melakukan apa yang ia katakan. Beliau dapat membagikan pemikiran dan passion­nya dengan sangat baik, sehingga banyak peserta diberkati dan menjadi klimaks yang berbobot di acara penutup.

KEMENANGAN SATI di PERMASTI

Terhitung sejak tahun 2011 hingga tahun ini 2013, SATI selalu memenangkan Gelar Talenta yang diadakan di Pesta Permasti. Usaha keras, kreativitas, dan kekompakan mahasiswa SATI akhirnya membawa SATI tiga kali berturut-turut membawa pulang piala bergilir Gelar Talenta Pesta Permasti. Rincian kemenangan-kemenangan tersebut adalah sbb:

Tahun                   : 2011

Tempat                 : SAAT – Malang

Tema                    : Era Postmodernisme

Penampilan           : Ineransi Alkitab dengan Drama Dora the Explorer

Tahun                   : 2012

Tempat                 : STT SATI – Malang (tuan rumah)

Tema                    : Pelayanan di Era Postmodern

Penampilan           : Mirror

Tahun                    : 2013

Tempat                  : STT Aletheia – Lawang

Tema                     : Ketika Kasih dan Moralitas Saling Berpelukan

Penampilan           : Mengalahkan Kekerasan dengan Kasih

STT SATI Malang

Jalan Raya Karanglo no. 94-103, Malang

Telp. 0341 – 492 463

Fax. 0341 – 484 896

 

Formulir Kontak

14 + 7 =